Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 05 Mei 2019

Festival Pulau Roon, Upaya dongkrak Pariwisata Teluk Wondama


Pemerintah Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama provinsi Papua Barat mengadakan festival Pulau Roon guna mendongkrak program pemerintah daerah untuk menjadikan Pariwisata sebagai sektor unggulan di kabupaten tersebut.

Wondama - Tahun ini tepatnya tanggal 24 hingga 27 Juli 2019 akan dilaksanakan acara festival Pulau Roon 2 yang difokuskan di distrik kepulauan Roon. Distrik ini didominasi dengan berbagai pulau yang menyimpan begitu banyak destinasi pariwisata dan budaya yang ada di tiap-tiap kampung.Kepala Distrik Roon, Yefta Siregar S.STP memgatakan, Pulau Roon merupakan salah satu kawasan yang memiliki destinasi wisata yang menarik dan mampu menarik ratusan wisatawan baik lokal maupun internasional.
Diyakini festival kali kedua ini akan mampu menarik lebih banyak wisatawan karena mulai saat ini promosi sudah gencar dilakukan di media sosial (Medsos) oleh pemuda-pemudi di kabupaten yang dikenal dengan sebutan tanah peradaban orang Papua.
"Acara Festival Pulau Roon 2 ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan potensi pariwisata dan kebudayaan. Tahun 2018 kegiatan Festival pulau Roon 1 saja, bisa menarik wisatawan kurang lebih 500an orang baik wisatawan lokal maupun internasional. Kami optimis tahun ini bisa lebih karena sejak jauh-jauh hari sudah kami gaungkan di sosial media," ujar Kepala Distrik Roon, Yefta Siregar S.STP kepada wartawan.
Menurutnya, kendala yang dihadapi saat pelaksanaan event pertama merupakan akses transportasi kapal yang keluar masuk ke wilayah kepulauan Roon.Namun pihaknya saat ini sedang berupaya melakukan lobi ke jasa transportasi laut yang bisa membantu akses keluar masuk wisatawan.
"Mudah-mudahan pihak jasa penyedia transportasi laut siap membantu. Selain itu juga ada speed-speed bantuan yang ada di beberapa distrik maupun perahu warga bisa digunakan untuk menunjang event ini nanti," kata Siregar sembari menambahkan pihaknya optimis tahun ini wisatawan lebih banyak dari sebelumnya.
Perlu diketahui, letak geografis kepulauan Roon seratus persen masuk di Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Sehingga di perairan wilayah tersebut banyak dikunjungi kapal pesiar atau kapal turis yang masuk. 


0 komentar:

Posting Komentar