Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 03 Mei 2019

Rekrutmen ASN, Kebutuhan Organisasi dan Formasi


Awal Maret 2019 Penerimaan Calon Pegawai Aparatur Sipil Negara telah dibuka secara resmi oleh Pemerintah lewat Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokarasi RI, melalui SK Menpan RB No. 577 Tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama Tahun Anggaran 2018 lalu di ikuti dengan terbitnya Surat Pemgumuman Bupati Teluk Wondama No. 800/099/BUP-TW/2019 tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2018 pada Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama yang di selenggarakan dalam tahun anggaran 2019.

Penerimaan PNS (ASN) Formasi 2018 ini mengalami penudaan selama kurang lebih satu tahun karena pemasalahan teknis pelaksanaan yaitu melalui Sistim CAT ( Computer Assited Test) ataupun sistim manual.  Setelah melalui kajian dan pertimbangan teknis yang matang akhirnya pelaksanaan Testing dengan sistim CAT bisa dilaksanakan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, termasuk Kabupaten Teluk Wondama,  dengan tetap memperhatikan Fromasi Orang Asli papua (OAP) dengan Formasi             80 % untuk OAP dan 20% untuk Non OAP.

Pelasaksanaan Testing ini di lakukan dalam beberapa tahapan yaitu Pendaftaran Online dan Pengiriman Berkas fisik pendaftaran, yang dilanjutkan dengan dengan Seleksi Administrasi dan jika dinyatakan lulus adinistrasi online maka dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Dasar dan seleksi kompetensi bidang dengan sisitim CAT, dan seterusnya hingga ke pengumuman hasil.

Seleksi ini tetap saja dilaksanakan walaupun terkendala jaringan internet yang terbatas. Pemerintah Daerah memfasilitasi para pelamar dengan membuka layanan pendaftaran secara online yang mendapat pendampingan dari operator dari Dinas Komunikasi dan Informatika untuk melakukan tahapan pendaftaran dengan mengupload pendfataran dan data pribadi calon peserta. Dinas Kominfo juga memberikan dukungan tenaga editing untuk memeriksa dan membatu memfasilitasi berkas yang di buat dalam bentuk digital. Demikian juga Dinas terkait seperti Dinas Kependudukan Catatan Sipil yang melayani pembuatan KTP, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran, Dinas Pendidikan yang memberikan dukungan legalisasi ijazah calon peserta.

Antusiasme  pelamar memuncak hingga menembus angka 1.500 an lebih, sontak ini membuat persaingan yang lebih selektif dan berbbobot untuk merebut kuata 300 kuota Calon PNS tentunya dengan formasi yang telah dibagi.  Kali ini Seleksi yang lakukan dengan sistim online mulai dari seleksi administrasi, peserta sudah harus mendafatar secara daring melalui portal milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan mengunjungi laman http://www.sscn.bkn.go.id untuk melakukan pendaftaran dan mendapat kartu informasi pelamar dengan mengupload data dan ijasah pelamar secara digital sekaligus ikut dalam seleksi administrasi dan kelengkapan berkas. Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi akan mengikuti tahapan  Seleksi Kompetensi Dasar dan seleksi kompetensi bidang dengan sisitim CAT. Peserta akan secara selektif bersaing untuk memperoleh nilai (skor) tertinggi  sehingga peserta bisa masuk dalam kulifikasi eserta yang  dinyatakan lulus.

Seleksi kali ini diharapkan bisa berjalan dengan baik sampai dengan selesai tahapan seleksinya, yang lebih penting adalah memperoleh Aparatur Sipil Negara yang berkualitas dan berkompetensi dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat di kabupaten ini.

Dalam edisi kali ini, kami sengaja mengangkat carut marut proses seleksi penerimaan Calon ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama Fromasi Tahun 2018, Apa itu ASN dan tanggung jawab serta tugasnya seperti apa. Di edisi kali ini juga kita menampilkan berbagai informasi seputar Pembangunan Daerah pada medio Februari dan Maret 2019.  Semoga edisi kali ini memberikan Informasi yang inovatif, edukatif dan bermanfaat.

Syen tutir tata


0 komentar:

Posting Komentar